Thursday, February 13, 2020

Rumus Kaya dari Para Millioner Dunia


Kekayaan akan selalu menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan. Tidak ada yang salah dengan kekayaan. Yang ada adalah salah menggunakan kekayaan. Itu pun kalau sudah kaya.
Memang benar, harta yang berlimpah tidak dapat membeli segalanya. Akantetapi hampir segala kebutuhan manusia membutuhkan harta. Nilai harta kita sebut dengan uang, sebagai alat tukar yang sah.

Anggap sajalah badan kita sehat wal afiat. Keluarga bahagia. Tapi kalau kita kekurangan harta, maka bisa dipastikan hidup ini akan dipusingkan dengan masalah uang dan harta. Maka dengan sendirinya kesehatan dan kebahagiaan yang kita rasakan akan menjadi berkurang, karena stres memikirkan kekurangan harta.

Jadi, kekayaan yang berlimpah akan menambahkan kebahagiaan tersendiri bagi yang sang empunya harta. Ditambah dengan badan yang sehat. Serta keluarga yang bahagia. Maka terasa sempurnalah hidup ini bersama rasa syukur yang mendalam.

Trus apa yang harus dilaksanakan supaya bisa juga mencapai kekayaan yang diinginkan? Gampang saja, yang paling cepat adalah lahir dari orang tua yang sudah memiliki harta milyaran atau bahkan triliunan. Kalau sudah terlanjur lahir dari orang tua yang pas-pasan, ya menikahlah dengan para milyarder atau triliuner. Lah kan gak semudah itu? Emang ya. Makanya tidak usah berharap jadi kaya dari cara-cara yang instan tadi. Cara yang paling bisa ditempuh oleh semua orang yang mau kaya adalah dengan mengamalkan ilmunya orang kaya. Jika ini dipraktekkan, maka pada saatnya nanti kita akan merasakan kekayaan. Cepat atau lambat. Paling tidak keuangan kita akan sehat wal afiat, alias keungan kita tidak sakit-sakitan.

Ada tiga ilmu yang harus dilaksanakan oleh orang yang ingin mencapai kekayaan yang sebenarnya dalam kehidupan ini. Ilmu ini sudah dipraktikan oleh para milyarder dan triliyuner dunia sekaliber Bill Gate, Warren Buffet, Anthony Robin dan masih banyak yang lain. Mereka berbeda dalam bidang usaha, tapi ada persamaan mental dan ilmu yang mereka pakai. Berikut penulis uraikan ilmu pasti yang dapat membuat seseorang jadi kaya, bahkan kaya raya pada saatnya.

1.  Pintar melihat peluang

Orang-orang kaya dunia dengan kekayaan yang mencapai triliyunan, mereka sangat jeli melihat peluang dari sebuah bisnis atau calon bisnis yang akan mereka geluti. Bahkan imajinasi orang-orang kaya dunia sudah menangkap akan sebesar apa bisnisnya ke depannya.

2.  Pandai mengambil peluang

Karakteristik para triliyuner dunia tidak hanya pinter berimajinasi tentang keuntungan bisnis yang akan mereka dapatkan tanpa melakukan tindakan apa-apa. Mereka melihat suatu peluang besar, kemudian memperjuangkan  untuk mencapai peluang tersebut dalam dunia nyata. Bahkan dengan tetesan keringat yang melebihi yang lain sekalipun.
 Tetap kuat dan teguh pada keyakinan walau dengan setumpuk rintangan yang hadapi. Sebelum mereka mencapai apa yang disebut sebagai kesuksesan dengan bergelimangnya harta.

3.  Cerdas dalam mengatur keuangan

Fungsi utama adalah alat tukar dan pembayaran. Untuk medapatkan uang orang-orang memiliki aneka ragam caranya. Ada yang bekerja pada orang lain untuk mendapatkan upah yang kita sebut sebagai karyawan. Sebagian yang lain ada yang lebih suka membangun usaha sendiri yang kita sebut sebagai bisnismen atau pengusaha.

Apapun bentuk usaha yang dijalankan, bagi mereka yang menginginkan kekayaan, wajib hukumnya untuk memenej atau mengatur uang yang telah didapatkan. Rumus yang diberikan Jim Rohn pakar membangun kekayaan, cukup sederhana sekali. Penghasilan yang di dapat harus diposkan untuk 4 bagian. 10% untuk berinvestasi, yakni dibelikan aset yang dapat menghasilkan uang lagi. 10% berikutnya untuk modal bisnis. Serta 10% lagi untuk beramal kepada yang membutuhkan. Sisanya 70%, bisa dihabiskan untuk kebutuhan dan kesenangan hidup.
Rumus sederhana ini, telah sukses membuat banyak orang menjadi kaya raya. Dengan syarat dilaksakan dengan sepenuh hati dan konsisten. Tapi untuk konsisten, kita butuh komitmen dan perjuangan supaya terus melaksakan rumus sederhana ini, hingga saatnya tiba. Yaitu kitalah bagian dari orang-orang kaya selanjutnya.

4.   Hebat dalam melipat gandakan uang

Emangnya uang bisa dilipat gandakan? Terus bagaimana caranya? Apakah pakai sulap? Jawabannya adalah uang bisa digandakan. Caranya, uang yang sudah didapat dijadikan modal usaha sehingga mampu menghasilkan uang yang lebih banyak, sehingga uang yang didapatkan menjadi berlipat jumlahnya dari bisnis baru atau buka cabang dari bisnis yang sudah ada. Dengan cara seperti ini, berarti cara melipatgandakannya bukan sulap semata, apalagi sihir, tidak sama sekali.

5.  Jenius dalam menanggulangi resiko

Sudah mafhum didunia usaha, untuk menjaga supaya kekayaan terus stabil bahkan tumbuh, maka mau tidak mau harus melakukan investasi. Yakni menanam kembali keuntungan yang didapat untuk mendatangkan pertumbuhan yang lebih banyak. Investasi mengandung resiko kegagalan. Yang dimaksudkan, kalau investasi gagal, maka nilai harta jadi tidak bertambah dengan berjalannya waktu. Bisa jadi berkurang nilainya atau bahkan habis sama sekali.

Oleh karena itu, orang kaya akan sangat jeli memperhitungkan setiap keuntungan dan resiko kerugian yang mungkin ditimbulkan oleh investasi yang dilakukan. Bukan berarti takut mengambil resiko, tapi mental mereka sudah ditempa dari berbagai macam kegagalan sebelum mencapai kekayaan yang diinginkan. Sehingga mental mereka jadi kuat, hati-hati, jeli dalam menentukan investasi apa yang menguntungkan atau malah membuntungkan. Selamat kaya raya, bahagia dan dekat dengan Sang Kuasa.


Baca juga : Tips Menciptakan Pelanggan Loyal sampai Antri


Ditulis oleh :


Tholibul Khair MVB

Pengamat yang memfokuskan pandangan
pada perkembangan ilmu menjadi kaya raya 
dari pakar dan praktisi sukses skaligus terbukti

No comments: